Pengertian Teknologi Dan Sejarah Singkatnya

1. Teknologi adalah suatu alat yang mampu untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan.
2. Alat dalam suatu teknologi dapat berupa perangkat baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak.
3. Teknologi informasi artinya memanfaatkan teknologi untuk memperoleh dan mengelola informasi.

Pengertian Komputer
1. Menurut Hamacher, "Komputer adalah mesin berbasis teknologi penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi:"
2. Menurut Blissmer, "Komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi:'
3. Fuori berpendapat bahwa "Komputer adalah pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia:"

Jadi, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri atas peralatan input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi, serta bekerja secara otomatis.

Penggolongan Komputer

Data yang diolah:
Komputer analog
Digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan paralel. biasanya,tidak memerlukan bahasa perantara.contohnya, komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase

Komputer digital
Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus;. Biasanya, memerlukan bahasa perantara. Salah satu contohnya adalah komputer PC.
Komputer hybrid
Kombinasi antara komputer analog dan digital, contohnya faksimile.

SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET.
Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan sampai taktik bertempur.

Sejarah Komputer
Sejarah perkembangan komputer dimulai dari alat hitung, karena pada dasarnya komputer
adalah alat hitung. Alat hitung diciptakan kira-kira 3000 tahun yang lalu di Lembah Eufrat
Tigris. Alat hitung tersebut disebut ABACUS.


Pengertian Teknologi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 My Blogger